Apa itu stunting? Dan apa yang menyebabkan masalah stunting?

Apa itu stunting? Dan apa yang menyebabkan masalah stunting?

Masalah stunting merupakan terminologi yang sudah tidak asing didengar terutama di dunia kesehatan. Hal ini karena masalah ini kerap menjadi isu sangat diperhatikan terutama menyangkut kesehatan anak-anak. Menurut Badan Kesehatan Dunia, sekitar 149 juta balita mengalami stunting terutama dinegara-negara terbelakang dan negara berkembang menurut data di tahun 2020 sedangkan sekitar 45 juta lainnya memiliki tubuh sangat kurus dengan berat badan yang cenderung rendah.

Apa itu stunting?

Stunting merupakan masalah tumbuh kembang anak yang biasanya ditandai dengan tinggi badan anak yang yang tidak sesuai dengan perkembangannya sedangkan berat badan cenderung normal. Seorang anak dapat dikatakan stunting apabila pertumbuhan tinggi anak tida signifikan sesuai dengan tinggi badan anak ketika dilahirkan. Lalu apa saja faktor-faktor yang menyebabkan seorang mengalami stunting? berikut ini adalah penjelasannya.

Penyebab Stunting

Stunting menurut WHO (World Health Organization) merupakan sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi pada bayi dalam kurun waktu lama. Masalah stunting ini juga disebabkan karena anak kurang ASI, infeksi berulang, atau penyakit kronis lainnya sehingga menyebabkan masalah penyerapan nutrisi dari makanan pada tubuh anak. Selain itu, resiko stunting ini juga disebabkan karena pola asuh yang tidak memadai sejak di dalam kandungan, hal ini bisa disebabkan karena ibu hamil memiliki masalah kesehatan tertentu sehingga tidak mendapatkan nutrisi yang cukup selama kehamilan.  Oleh karena itu, hendaknya bagi ibu hamil untuk selalu mencukupi gizi dengan mendapatkan asupan seperti kalsium, asam folat, serta vitamin sehingga  janin di dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang cukup karena jika tidak mendapat nutrisi yang memadai, anak akan rentan lahir dengan berat badan rendah, risiko gizi buruk, atau penyakit komplikasi lain.

Kurang Gizi

Gizi berperan penting untuk tubuh, terutama pada anak gizi sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa goldern age atau diebut juga dengan peripode emas, asupan gizi yang seimbang berpengaruh pada kesehatan otak namun namun juga kesehatan fisik, psikologi, dan emosional.

Pola Pengasuhan yang tidak tepat

Masalah stunting juga dipengaruhi oleh pola pengasuhan dan factor lingkungan yang tidak memadai. Sebaian orang tua mungkin belum memahami bagaimana pola pengasuhan yang baik. Karena kurangnya pengetahuan mengenai parenting gizi untuk anak. Kondisi ini tentunya dapat membuat anak menjadi terabaikan sehingga anak akan kekurangan asupan nutrisi untuk tubuh. Akibatnya, anak akan rentan mengalami gangguan pertumbuhan yang dapat berisiko fatal.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga hal yang berperan penting dalam pertumbuhan anak. Apabila seorang anak lahir di lingkungan yang minim akan akses makanan bergizi dan air bersih, hal ini akan memberikan dampak pada anak-anak sehingga sangat berisiko mengalami malnutrisi dan gagal tumbuh yang menjadi perhatian utama dalam masalah stunting.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *