Macam-Macam Kopi terkenal di Indonesia yang mendunia

Macam-Macam Kopi terkenal di Indonesia yang mendunia

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki banyak penggemarnya. Tidak hanya di Indonesia, minuman ini juga digemari oleh masyarakat dunia karena kandungan kafeinnya yang memikat. Kopi sendiri sebenarnya ada banyak sekali macamnya. Macam-macam kopi di Indonesia saja sudah sangat banyak dan tidak jarang dari jenis kopi tersebut yang mendunia. Hal itu disebabkan karena Indonesia termasuk sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia.

4 Macam Kopi Khas Indonesia yang mendunia

Ada banyak sekali macam kopi yang ada di Indonesia dan terkenal di dunia. Akan tetapi, disini kami akan menyampaikan 4 jenis kopi yang mendunia. Berikut ini macam-macam jenis kopi yang terkenal hingga mancanegara.

Kopi Arabika Kintamani

Kopi ini memang berasal dari Kintamani, Bali yang memiliki cita rasa unik yaitu asam dan segar dari buah-buahan. Hal itu menjadi ciri khas dari kopi jenis satu ini. Kopi Arabika Kintamani ini sendiri memiliki kekentalan yang sedang serta rasa yang ringan dan lembut. Karena cita rasa tersebut, banyak negara seperti Jepang, Arab, hingga Eropa yang menjadi tujuan utama ekspor kopi satu ini.

Kopi Arabika Gayo Aceh

Macam-macam kopi yang terkenal selanjutnya adalah kopi Arabika Gayo Aceh. Dinamakan Gayo karena kopi ini ditanam di daerah Gayo yang memiliki ketinggian 1200 – 1700 mdpl. Kopi satu ini memiliki tekstur yang encer dan tidak terlalu pekat dengan rasa asam yang pas. Kopi ini sangat cocok dinikmati bagi penggemar kopi khususnya bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan kopi dengan cita rasa asam. Kopi ini sendiri disajikan secara tradisional yang menarik yang mana kopi ini direbus dalam panci hingga mendidih, lalu sajikan kedalam gelas yang telah diisi gula dan susu.

Kopi Toraja

Kopi ini sendiri memiliki nama lain Celebes Kalossi yang berasal dari Sulawesi dan memiliki aroma harum yang khas. Salah satu hal yang membuat kopi ini disukai oleh banyak orang adalah keunikan dari karakteristik kopi Toraja yang bisa dilihat dari kecenderungan rasa floral dan fruity yang dihasilkan. Selain itu, rasa kopi ini juga kuat dan sedikit kecut yang tentu akan meninggalkan aftertaste yang unik di lidah.

Kopi Jawa

Sedangkan Macam-macam kopi terakhir adalah kopi Jawa. Produksi Kopi Jawa ini dilakukan dengan metode wet processing sehingga cita rasanya berbeda dengan yang lain dan tidak sekuat biji kopi yang dihasilkan Sumatera dan Sulawesi. Walaupun begitu, banyak orang yang menyukai kopi satu ini karena memiliki cita rasa yang seimbang. Tingkat keasaman medium dan kekentalan yang tidak terlalu pekat serta semilir aroma rempah yang dihasilkan membuat ciri khas tersendiri bagi kopi satu ini.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *