Mengolah Sampah Plastic dengan mudah dan aman

Mengolah Sampah Plastic dengan mudah dan aman

Sampah merupakan salah satu masalah yang perlu diselesaikan karena bisa membuat polusi besar dan menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan membawa banyak penyakit. Salah satu sampah yang ada dan menjadi masalah adalah sampah plastik. Oleh karena itu, mengetahui cara mengolah sampah plastik merupakan cara yang paling tepat untuk menurunkan polusi yang ada di tanah maupun air disebabkan oleh sampah plastik. Memang plastik memiliki peran penting untuk bisa mendistribusikan makanan dan minuman kepada para konsumen dengan aman. Akan tetapi, setelah pemakaian kita juga perlu mengelola sampah ini agar tidak merusak ekosistem di alam.

Cara mudah mengelola sampah plastik dengan aman

Memang masalah dari sampah plastik adalah sifatnya yang tidak mudah terurai akan tetapi kerap digunakan hanya sekali. Bahkan kandungan yang ada didalam kemasan plastik juga bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama hingga puluhan tahun. Di Nestle Indonesia, kami telah menjalankan beberapa inisiatif untuk bisa mengurangi bobot kemasan baik yang digunakan langsung pada produk akhir ataupun yang digunakan dalam proses distribusi produk. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengolah sampah diantaranya adalah dengan melakukan daur ulang sampah plastik.

Mengolah sampah plastic memang bisa dilakukan dengan beberapa cara dan salah satunya adalah dengan melakukan daur ulang sampah. Daur ulang ini sendiri bisa dilakukan oleh beberapa pihak seperti Pemerintah, masyarakat, hingga perusahaan. Disini, Nestle sebagai perusahaan yang cukup lama di Indonesia sudah menerapkan beberapa cara untuk daur ulang sampah plastik. Dalam skala perusahaan, biasanya sampah plastik yang didaur ulang akan diubah menjadi piji plastik yang nantinya bisa digunakan kembali sebagai pembungkus. Kampanye daur ulang sampah plastik juga kian sering diumumkan oleh banyak perusahaan tak terkecuali Nestle Indonesia.

Komitmen dan upaya Nestle Indonesia terkait sampah tidak berhenti pada pengoptimalan kemasan saja. Akan tetapi, di lingkungan sekitar pabrik kami khususnya di daerah Cikupa juga memberdayakan masyarakat sekitar untuk bisa mengolah sendiri sampah. Bekerja sama dengan PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) setempat untuk memberikan pelatihan bagi para perempuan di lingkungan tersebut untuk mengubah sampah plastik menjadi karya seni dan juga kerajinan tangan. Hal ini tentu saja bisa memungkinkan mereka untuk menambah penghasilan keluarga dan juga pada saat yang bersamaan bisa menjaga kesehatan lingkungan.

Hal penting yang dilakukan oleh Nestle Indonesia terkait dengan mengolah sampah plastic adalah memiliki ambisi untuk mencapai zero waste di sepanjang rantai nilai. Hingga saat ini, lebih dari 8.000 unit biogas telah dibagung. Di Panjang, kami juga sudah mengolah kembali limbah sisa kopi dan plastik sebagai bahan bakar alternatif Slurry. Dengan itu semua., kami juga berharap bisa terus membuat kemajuan melalui kerjasama dengan semua pemangku kepentingan termasuk dari pihak pemerintah, lembaga masyarakat , mitra industri dan konsumen untuk mempromosikan penggunaan plastik yang bertanggung jawab di Indonesia.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published.